Posted by: yayasanjari | March 27, 2012

VISI DAN MISI YAYASAN JaRI

Lembaga JaRI mempunyai visi menjadi sebuah lembaga yang mampu  membantu masyarakat untuk mencegah dan menanggulangi tindak kekerasan guna mencapai keseimbangan tatanan kehidupan yang harmonis antara perubahan dan kemajuan tanpa disertai tindak kekerasan. Sedangkan misi lembaga JaRI sebagai berikut :

  1. Mempromosikan Hak Asasi Manusia (HAM) salah satunya adalah hak reproduksi yang sehat dan aman serta cara-cara mewujudkannya.
  2. Penerapan Konvensi Anti Diskriminasi (CEDAW) dalam berbagai program kehidupan yang sensitif jender.
  3. Mempromosikan dan mengembangkan sikap profesioanalisme untuk mencapai tujuan.

Sesuai dengan kesepakatan antara anggota JaRI maka pada dasarnya tujuan yang ingin dicapai lembaga JaRI sebagai Women Crisis Center (WCC) yaitu dapat melindungi korban tindak kekerasan khususnya perempuan atas pelanggaran hak-haknya dan pemberdayaan keluarga serta masyarakat dalam upaya pencegahan segala bentuk kekerasan yang menyebabkan terjadinya pelanggaran hak asasi manusia. Fungsi lembaga JaRI dalam upaya penanganan dan pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan yang bersifat preventif dan kuratif dalam masyarakat, antara lain :

  1. Menyebarluaskan informasi melalui media cetak, brosur, buku serta melalui elektronik tentang masalah kekerasan terhadap perempuan dan akibatnya bagi kehidupan manusia dan perempuan pada khususnya.
  2. Penampung dan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan
  3. Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat agar memahami hak dan kewajibannya sehingga tidak terjadi pelanggaran hak perempuan melalui pelatihan, seminar, work shop mengenai kekerasan terhadap perempuan yang bekerjasama dengan lembaga pendidikan.
  4. Membantu pemulihan perempuan korban tindak kekerasan dengan disertai bantuan pengobatan medis, konsultasi psikolog serta pemenuhan kebutuhan hidup dan tempat tinggal selama proses bantuan.
  5. Mitra kerja aktif dalam proses pengembalian pada lingkungan keluarga dan masyarakat dalam pemulihan trauma korban.

Berbagai kegiatan seperti seminar, pelatihan dan workshop yang dilakukan guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat agar dapat memahami suatu tindakan kekerasan biasanya dilakukan bekerjasama dengan pihak lain dan tidak dilakukan secara rutin, tentunya disebabkan karena keterbatasan sumber daya manusia dan finansial lembaga JaRI. Kegiatan-kegiatan tersebut dinilai sangat membantu masyarakat dalam mengenali dampak dan gejala tindak kekerasan yang ditimbulkan serta penanganan yang dapat dilakukan agar korban dapat pulih dan dapat berinteraksi kembali tanpa adanya tekanan pihak lain. Pelibatan pihak lain seperti kepolisian, pengadilan dan instansi pendidikan di yakini akan sangat mendukung pencegahan tindak kekerasan yang lebih luas.


Responses

  1. Dear Jari🙂
    Boleh minta alamat kumplit dan no contact personnya🙂

    Terima kasih

    • yayasan JaRI
      Klinik Anggrek
      Jl/ Bengawan No 62 Bandung
      Hotline Service 0856-2161-430


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: